Tema 6 Subtema 3 PB 6 ( Wednesday, 29th January 2020 )


Hari/tanggal        :  29  Januari 2020
Kelas                     :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU)Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/6

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
memahami isi dan amanat puisi yang dideklamasikan.
4.6.

Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
3.2.1.
mengenalkarya seni rupa teknik tempel.
4.4.

Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
4.2.1.
membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia
untuk Ajang Internasional
Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil
mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya
tidak dipenuhi ibunya.  Sang anak sangat ingin memiliki harmonika
mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya
agar dia segera berhenti menangis.
Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di
rumah setiap hari.  Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius
menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi. 
Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan
layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi.
Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak
140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal
itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho
Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang
akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Bakat apakah yang dimiliki Canho?
2. Bagaimana usahanya untuk mencapai cita-citanya?
3. Prestasi apa saja yang telah diraih Canho?
4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-katamu sendiri! 
ilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk dideklamasikan.
Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!
1. Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.
2. Pelajari puisi tersebut dengan seksama untuk memahami isi puisi.  Tuliskan
isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.
3. Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.
4. Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan tekanan. 
Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan
makna.
5. Hafalkan puisi baris per baris.
6. Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan
tekanannya tepat.
7.  Pastikan ekspresi wajahmu tepat pada saat mendeklamasikan puisi.
8. Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.

SBDP
       Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior.

Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian
membantu kita untuk mengekpresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar
kita.  Selain seni sastra, seni  rupa merupakan salah satu seni yang membantu
kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.
Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase.
Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah
pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan
dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong
atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun
dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan
benda-benda itu , antara lain: kepingan pecahan keramik, potongan kaca,
potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis
yang membatasi ruangan atau bidang digunakan  tempelan-tempelan yang
berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau
kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk
sebuah gambar. 

Langkah-langkah membuat mozaik
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengankeinginan kita
3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkanpotongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, sepertijarum atau benda runcing lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 3 PB 3 ( Monday, 28th October 2019 )

Tema 5 Subtema 2 PB 1 ( Monday, 11th January 2021 )