Tema 6 Subtema 3 PB 6 ( Wednesday, 29th January 2020 )
Hari/tanggal : 29 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU)Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/6
A. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.6.
|
Menggali isi dan amanat
puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.6.1.
|
memahami isi dan amanat puisi yang dideklamasikan.
|
4.6.
|
Melisankan puisi hasil
karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk
ungkapan diri.
|
4.6.1.
|
mendeklamasikan
puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat
|
SBdP
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.4.
|
Mengetahui
karya seni rupa teknik tempel.
|
3.2.1.
|
mengenalkarya seni rupa teknik tempel.
|
4.4.
|
Membuat
karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
|
4.2.1.
|
membuat
karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
|
Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik
Indonesia
untuk Ajang Internasional
Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil
mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya
tidak dipenuhi ibunya. Sang anak
sangat ingin memiliki harmonika
mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya
agar dia segera berhenti menangis.
Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di
rumah setiap hari. Tidak hanya
itu, anak tersebut akan sangat serius
menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi.
Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan
layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi.
Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak
140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal
itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho
Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang
akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika
Serikat.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Bakat apakah yang dimiliki Canho?
2. Bagaimana usahanya untuk mencapai cita-citanya?
3. Prestasi apa saja yang telah diraih Canho?
4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-katamu sendiri!
ilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk
dideklamasikan.
Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!
1. Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.
2. Pelajari puisi tersebut dengan seksama untuk memahami isi puisi. Tuliskan
isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.
3. Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.
4. Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan
tekanan.
Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan
makna.
5. Hafalkan puisi baris per baris.
6. Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan
tekanannya tepat.
7. Pastikan ekspresi wajahmu
tepat pada saat mendeklamasikan puisi.
8. Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.
SBDP
Mosaik adalah seni
menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca,
batu, atau bahan lain. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan
juga merupakan aspek dari dekorasi interior.
Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian
membantu kita untuk mengekpresikan perasaan terhadap peristiwa di
sekitar
kita. Selain seni sastra,
seni rupa merupakan salah satu seni yang
membantu
kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.
Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase.
Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah
pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan
dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong
atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian
disusun
dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan
benda-benda itu , antara lain: kepingan pecahan keramik, potongan kaca,
potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis
yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang
berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran
atau
kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk
sebuah gambar.
Langkah-langkah membuat mozaik
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai
dengankeinginan kita
3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.4. Kemudian
tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau
gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkanpotongan kertas tersebut, kamu
dapat menggunakan alat bantu, sepertijarum atau benda runcing lainnya.
Komentar
Posting Komentar