Tema 6 Subtema 3 PB 2 ( Thursday, 23th January 2020 )
Hari/tanggal : 23 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU)Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/2
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.6.
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.6.1.
|
memahami isi dan amanat puisi yang akan dideklamasikan.
|
4.6.
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
4.6.1.
|
mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.4.
|
Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
|
3.4.1.
|
menjelaskan karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
|
4.4.
|
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
|
4.4.1.
|
membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
|
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.2.
|
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
|
3.2.1.
|
memahami cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
|
4.2.
|
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
|
4.2.1.
|
mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
|
Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana Pemulung, bacaan tersebut
ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa tentang pentingnya
Pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan penghubung antara
judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.
Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana
Pemulung”
• Siswa menuangkan pemahamannya denganmengisi diagram yang disedikan di BukuSiswa.
• Siswa mencari informasi yang terkait denganpoin-poin yang harus ia isi pada diagram,tentang halangan yang dihadapi oleh tokohcerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.
• Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut.
Guru membantudengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Citadan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-citatersebut.
Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan
untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat karya seni
dari bahan-bahan daur ulang.
• Siswa dikenalkan dengan karya seni yangdisebut dengan kolase, guru menjelaskan apaitu kolase dan memberikan contoh karya-karyakolase.
• Siswa menyiapkan bahan-bahan yangdibutuhkan untuk membuat kolase (lembarkertas karton atau kertas gambar, lem,gunting, koran bekas dan gambar)
Siswa mengikuti langkah-langkah membuat
kolase:
1. Siapkan gambar pola pada selembar kertas
2. Potong bahan-bahan (koran bekas) menjadi potongan-potongan kecil
3. Tempelkan potongan-potongan kecil tersebut ke permukaan gambar yang telah
disediakan.
Komentar
Posting Komentar