Tema 6 Subtema 3 PB 1 ( Wednesday, 22th January 2020 )
Hari/tanggal : Rabu, 22 Januari 2020
Kelas : IV F (EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU)Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/1
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.6.
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.6.1.
|
memahami isi dan amanat puisi yang akan dideklamasikan.
|
4.6.
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
4.6.1.
|
mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
|
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.2.
|
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
|
3.2.1.
|
mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan tepat.
|
4.2.
|
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
|
4.2.1.
|
membuat poster tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
|
Deklamasi puisi adalah membaca puisi dengan cara membawakannya dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu.
Perbedaan antara membaca puisi dengan deklamasi puisi adalah:
Di dalam membaca puisi, penekanannya pada membaca. Pembaca tidak harus hafal teks puisi tersebut tetapi cukup memahami dan mengerti akan makna yang terkandung dalam puisi itu. Deklamasi adalah penyajian puisi disertai lagu dan gaya. Dalam deklamasi deklamator tidak hanya mengerti dan memahami makna puisi tetapi uga harus hafal pada puisi yang akan dibawakannya nanti.
1. Lafal : suatu cara seseorang atau sekelompok orang dalam mengucapkan bunyi bahasa.
2. Ekspresi : pengungkapan atau proses menyatakan maksud, gagasan, perasaan dan sebagainya.
3. Intonasi : tinggi rendahnya nada kalimat yang memberikan penekanan pada kata-kata tertentu di dalam kalimat.
Komentar
Posting Komentar