Tema 6 Subtema 1 PB 4 ( Thursday,9th Januari 2020 )
Hari/tanggal : 9 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/4
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
mencermati puisi yang dibacakan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
menjelaskan makna puisi dengan benar.
IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.2.1.
mencari tahu tentang keragaman kegiatan-kegiatan.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.1.
membuat kesimpulan tentang keragaman kegiatan-kegiatan.
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1.
mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3.1.
menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar.
Perhatikan gambar berikut!
Apakah yang dapat kalian ceritakan dari gambar di atas?
Gambar-gambar di atas merupakan gambar berbagai profesi.
Apakah kalian bercita-cita menjadi salah satu profesi tersebut?
Sumber daya alam yang ada di lingkungan
Bangsa Indonesia yang terdiri atas banyak suku banyak.
Tiap suku banyak memiliki ciri khas tertentu.
Agar lebih jelas, bacalah teks Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia yang ada di Buku Siswa dengan saksama.
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini. Bersama dengan teman sekelompok kalian, diskusikan beberapa pertanyaan berikut.
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitar kalian? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di sekitar kita?
4. Sampaikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Perbedaan ciri fisik antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia.Keragaman itu saling menguatkan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa berbesar hati karena dapat hidup rukun dalam perbedaan.Keragaman tersebut dapat disampaikan dalam sebuah puisi seperti yang disajikan dalam Buku Siswa.Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini.
Bacalah bait pertama puisi Tetaplah Tersenyum Indonesiaku dengan saksama.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kalian bayangkan ketika kalian membaca bait tersebut.
3. Lakukan hal yang sama dengan bait-bait yang lain.
4. Diskusikan makna tiap bait puisi tersebut.
5. Bacakan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/4
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
mencermati puisi yang dibacakan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
menjelaskan makna puisi dengan benar.
IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.2.1.
mencari tahu tentang keragaman kegiatan-kegiatan.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.1.
membuat kesimpulan tentang keragaman kegiatan-kegiatan.
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1.
mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3.1.
menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar.
Perhatikan gambar berikut!
Apakah yang dapat kalian ceritakan dari gambar di atas?
Gambar-gambar di atas merupakan gambar berbagai profesi.
Apakah kalian bercita-cita menjadi salah satu profesi tersebut?
Sumber daya alam yang ada di lingkungan
Bangsa Indonesia yang terdiri atas banyak suku banyak.
Tiap suku banyak memiliki ciri khas tertentu.
Agar lebih jelas, bacalah teks Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia yang ada di Buku Siswa dengan saksama.
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini. Bersama dengan teman sekelompok kalian, diskusikan beberapa pertanyaan berikut.
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitar kalian? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di sekitar kita?
4. Sampaikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Perbedaan ciri fisik antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia.Keragaman itu saling menguatkan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa berbesar hati karena dapat hidup rukun dalam perbedaan.Keragaman tersebut dapat disampaikan dalam sebuah puisi seperti yang disajikan dalam Buku Siswa.Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini.
Bacalah bait pertama puisi Tetaplah Tersenyum Indonesiaku dengan saksama.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kalian bayangkan ketika kalian membaca bait tersebut.
3. Lakukan hal yang sama dengan bait-bait yang lain.
4. Diskusikan makna tiap bait puisi tersebut.
5. Bacakan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Komentar
Posting Komentar