MATERI AJAR PENGAYAAN TEMA 3 ( Thursday, 18th November 2021 )

 PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuh protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih ada yang dilaksanakan secara daring dn secara langsung walaupun hanya 50%, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah yang daring.

Siswa yang PTM 50 % masih sesuai dengan prokes yaa😍😍😍



Materi ajar

SOAL PENGAYAAN TEMA 3




Bismillah... 

Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 

Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih...  pembelajaran kita. 

Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Jika kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah ya.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.


Tujuan pembelajaran

1.   Siswa mampu mengidentifikasi materi dari Tema 3 dan mampu mengerjakan soal pengayaan.


Literasi


Dibawah ini rangkuman materi Tema 3 dan ( soal pengayaan yang dikerjakan jawaban nya saja tetapi diberi keterangan )


RANGKUMAN MATERI TEMA 3

Pembelajaran Tema 3

TEMA 3 PKN

3.2 pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban termasuk juga anak. Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima. Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan menurut aturan yang berlaku. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan dengan seimbang agar tidak terjadi diperoleh setelah melaksanakan kewajiban. Berikut adalah hak dan kewajiban anak di rumah, di sekolah, dan di lingkungan.

A. Hak Anak di Rumah

1. Hak Mendapatkan Kasih Sayang
Seperti yang telah diuraikan di atas, mendapatkan kasih sayang adalah hak anak. Saat masih kecil, ibu selalu menyuapi, menjaga, dan memeluk dengan penuh kasih sayang dan ayah selalu mengajak bermain.

Setelah anak tumbuh besar, kedua orang tua akan tetap menyayangi, walaupun dengan cara yang
berbeda. Ibu tidak lagi menyuapi, tetapi ia selalu menyiapkan makanan yang bergizi agar anak dapat tumbuh sehat dan kuat. Ayah juga selalu bekerja keras mencari nafkah agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua harus disyukuri dengan cara menghormati dan menghargai mereka. Sebagai anak kita juga harus berterima kasih atas segala bentuk kasih sayang yang telah mereka berikan.

2. Hak Mendapatkan Perlindungan

Apa yang dirasakan saat harus berjalan di bawah terik matahari? Tentu akan merasa kepanasan. Dan apa pula yang dirasakan saat harus berjalan di bawah hujan deras? Tentu kita akan jatuh sakit dan jatuh sakit.

Artinya, manusia membutuhkan perlindungan dari segala hal yang dapat membahayakan dan membuat kita sakit. Anak juga berhak mendapatkan perlindungan berupa tempat tinggal yang sehat dan nyaman, baju yang layak, serta keamanan agar dapat tumbuh dengan baik. Orang tua berkewajiban memberikan perlindungan tersebut sesuai dengan kemampuannya.

3. Hak untuk Bermain

Tentu kita dapat merasakan, bahagianya saat bermain dengan teman-teman. Kita dapat melakukan berbagai hal yang kita sukai. Masa anak-anak adalah masa bermain yang akan dilewati oleh setiap orang. Bermain adalah hak setiap anak. Saat bermain, seringkali anak membuat ruangan menjadi kacau atau berantakan. Oleh karena itu, setelah bermain selesai, ia harus merapikan kembali ruangan dan barang-barang yang telah dipakai. Setelah dirapikan, ruangan kembali bersih dan rapi sehingga semua orang merasa nyaman.


4. Hak Mendapatkan Kesehatan

adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita. Saat tubuh kita sehat, kita dapat belajar, bermain, dan mengerjakan segala sesuatu dengan nyaman. Sebaliknya, saat tubuh kita sakit, kita tidak mungkin dapat belajar dengan baik. Kita juga tidak mungkin bisa bermain saat badan kita sakit. Kesehatan adalah hak anak. Saat sakit anak berhak mendapatkan pengobatan yang terbaik agar bisa kembali sehat.

5. Hak Mendapatkan Pendidikan

adalah usaha sadar agar setiap anak agar dapat tumbuh menjadi orang yang berguna. Orang tua mendidik kita di rumah dan menyekolahkan kita untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik

B. Hak Anak di Sekolah

1. Hak Mendapatkan Pendidikan
Sekolah adalah tempat bagi setiap anak untuk belajar. Berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah dapat digunakan untuk membantu mendukung belajar anak. Sekolah kewajiban memberikan pendidikan terbaik bagi seluruh siswa-siswanya.

2. Hak Mendapatkan Kasih Sayang
Di sekolah anak-anak berhak mendapatkan kasih sayang dari guru sebagai pendidik mereka. Dengan suasana yang penuh kasih sayang proses belajar mengajar akan lebih menyenangkan dan anak dapat belajar dengan lebih maksimal. Kasih sayang yang diberikan guru juga akan menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa saling mencintai di antara siswa-siswa di sekolah.

3. Hak Mendapatkan Perlindungan
Dapatkan perlindungan berupa rasa aman dan nyaman saat belajar di sekolah juga hak dari setiap anak. Di sekolah, tidak boleh ada anak yang merasa terganggu atau terancam oleh anak lainnya. Sekolah berkewajiban menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan agar setiap siswa dapat belajar dengan tenang.

C. Kewajiban Anak di Rumah

1. Kewajiban
Anak memiliki hak untuk bermain, tetapi ia juga tidak boleh melupakan kewajibannya untuk belajar. Belajar sangat penting bagi anak agar dapat menjadi anak yang memiliki kemampuan dan pengetahuan sebagai bekal hidupnya kelak.

Belajar juga mendidik anak menjadi manusia yang berakhlak mulia yang sesuai dengan harapan agama dan masyarakat.

2. Membantu Membantu Orang Tua
Setiap orang tua tentu sangat menyayangi anak-anaknya. Orang tua bekerja keras mencari nafkah, melindungi, dan dan mendidik anak-anak agar kelak menjadi anak yang mandiri dan berguna. Oleh karena itu, setiap anak berkewajiban membantu orang tua di rumah sesuai dengan kemampuannya.


D. Kewajiban Anak di Sekolah

1. Mematuhi Tata Tertib Sekolah
Setiap sekolah memiliki tata tertib agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Setiap warga sekolah, termasuk siswa wajib mengikuti semua tata tertib yang dikeluarkan sekolah. Contoh tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa adalah menggunakan seragam yang lengkap dan tidak terlambat datang ke sekolah.

2. Menghormati dan Mematuhi Nasehat Guru
Guru adalah orang yang telah mendidik siswa dengan penuh kasih sayang. Guru juga telah mendidik siswa dengan segala ilmu yang dibutuhkan agar kelak menjadi orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian. Oleh karena itu, siswa harus selalu menghormati dan menaati guru sebagai orang tua siswa di sekolah.


3. Menjaga Kebersihan Sekolah

Menjaga kebersihan sekolah adalah kewajiban setiap warga sekolah, termasuk siswa-siswanya. Keadaan sekolah yang terjaga kebersihannya akan membuat suasana belajar menjadi nyaman. kebiasaan baik menjaga kebersihan sekolah juga akan menumbuhkan kesadaran pada diri siswa untuk menjaga kebersihan di mana pun mereka berada.

E. Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat

Anak merupakan bagian dari warga masyarakat. Oleh karena itu, anak juga memiliki hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat. Anak berhak mengembangkan kemampuannya di masyarakat, baik dalam bentuk hobi atau kegemaran ataupun kemampuan bersosialisai. Lingkungan masyarakat juga berkewajiban memberikan fasilitas yang memadai bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka.

TEMA 3 BAHASA INDONESIA

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Sebelum melakukan Wawancara

1. Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
2. Perankan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
3. Berpakaian dengan sopan.
4. Berbicara dan sopan.
5. Daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
6. Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana,
Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).
7. Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

Ketika Sedang Melakukan Wawancara

1. Perkenalkan diri sebelum wawancara.
2. Sampaikan tujuan wawancara.
3. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan masalah yang menjadi topik wawancara.
5. Nama Narasumber secara lengkap.
6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
7. pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
8. ucapan narasumber agar keterangan tidak terputus.
9. minta jawaban dari narasumber.
10. Masalah yang berbelit-belit.
11. Petunjuk Hormati narasumber.
12. masalah yang terkait dan menyudutkan narasumber.
13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban yang dicatat
Setelah melakukan Wawancara
1. Mohon diri.
2. Ucapkan terima kasih.
3. Sampaikan permintaan maaf jika selama wawancara ada hal yang
kurang berkenan.



TEMA 3 IPA

3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.
3,8 pentingnya upaya menjaga dan melestarikan sumber daya alam di lingkungannya.

Bagian-Bagian Tumbuh Tubuhan dan Fungsinya

Bentuk tumbuhan beraneka ragam, tetapi secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh yang sama, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah.

1. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang menghubungkan bagian tubuh tanaman dengan tanah atau media tempat tanaman tersebut tumbuh. Akar umumnya tumbuh di bawah tanah searah dengan gaya gravitasi bumi.

A. Bagian-Bagian Akar

Secara umum akar terdiri atas akar utama, cabang akar, dan rambut akar. Akar utama adalah bagian akar yang cukup besar, berbentuk mengerucut dan tumbuh lurus menembus tanah. Pada akar utama, tumbuh cabang akar dan rambut akar. Akar utama, Rambut akar, Cabang akar, Ujung akar

B. Jenis-Jenis Akar

Akar dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk serabut kecil-kecil. Akar serabut tidak memiliki akar utama sehingga ukuran akar yang satu dengan yang lainnya relatif sama. Tanaman yang memiliki akar serabut umumnya merupakan golongan monokotil (biji berkeping satu). Contoh tanaman yang akar akar adalah padi, pohon kelapa, dan rumput-rumputan. Sementara itu, akar tunggang terdiri dari satu akar induk berukuran cukup besar. Pada bagian akar induk, tumbuh akar-akar cabang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang memiliki akar tunggang umumnya merupakan golongan dikotil (biji berkeping dua). Contoh tanaman yang berakar tunggang adalah pohon mangga, jambu, dan jeruk. Akar serabut Akar tunggang Selain akar serabut dan akar tunggang, terdapat beberapa jenis akar khusus, yaitu akar tunjang (pandan), akar gantung (beringin), akar hisap (benalu), akar lekat (sirih), dan umbi akar (singkong).

C. Fungsi Akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting. keberadaan akar pada tumbuhan sangat menentukan kehidupan tumbuhan. Fungsi akar bagi tumbuhan antara lain,
1. Menunjang berdirinya tumbuhan
2. Menyerap air dan mineral-mineral dari dalam tanah
3. Tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya singkong) Pada tanaman singkong, akar berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan.

2. Batang

Batang adalah bagian tanaman yang menempel pada akar dan berada di atas permukaan tanah. Arah pertumbuhan yang berlawanan dengan akar. Umumnya batang tumbuh mengikuti arah sinar matahari. Batang merupakan bagian tanaman tempat keluar dan menempelkannya bagian daun, bunga, dan buah. Beberapa jenis tanaman memiliki batang yang bercabang dan beberapa jenis lainnya tidak. Beberapa jenis tanaman juga memiliki batang yang berkayu dan beberapa jenis tanaman lainnya tidak.
A. Bagian-Bagian Batang
Batang tanaman berkayu, memilih bagian yang disebut saluran tapis yang mengangkut makanan hasil fotosistesis dari semua bagian tumbuhan. Di bagian dalam pembuluh tapis, pada tanaman di atas terdapat lapisan kambium. Di bagian dalam lapisan kambium, terdapat jaringan kayu yang berguna untuk mengangkut udara dan mineral yang diserap oleh akar menuju daun. Batang yang berkambium pada umumnya akan membentuk lingkaran tahun. Lingkaran tahun pada batang tumbuhan berkambium

B. Jenis-Jenis Batang

Berdasarkan kambiumnya, terdapat batang yang berkambium dan batang yang tidak berkambium. Contoh tanaman yang memiliki batang berkambium adalah mangga. Sementara itu, contoh tanaman yang batangnya tidak berkambium adalah kelapa. Batang tanaman dapat dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu batang berkayu seperti pada jambu, batang basah seperti pada bayam, dan batang rumput seperti pada padi.

C. Fungsi Batang

Fungsi batang bagi tumbuhan, antara lain seperti berikut.
1. Sebagai penyokong tubuh tumbuhan.
2. Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
3. Mengangkut udara dan mineral yang diserap oleh akar ke daun.
4. Menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan.
5. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya tebu).

3. Daun

Daun adalah bagian dari tumbuhan yang bekerja memasak makanan dan pada umumnya memberikan warna hijau yang dominan pada tumbuhan. Daun tumbuh dan menempel pada bagian batang pohon.

A. Bagian-Bagian Daun

Pada tanaman yang memiliki daun lengkap, daun terdiri dari pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun. Contoh daun yang merupakan daun lengkap adalah daun pisang. Terdapat pula tanaman yang memiliki daun tidak lengkap, yaitu hanya memiliki tangkai daun dan helai daun saja. Contoh daun yang merupakan daun tidak lengkap adalah daun jeruk.

B. Jenis-Jenis Daun

Bagian-bagian daun helai daun daun pelepah daun Berdasarkan bentuk tulang daunnya, daun dibedakan menjadi daun bertulang belakang menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar. Contoh daun menyirip adalah daun mangga. Contoh daun menjari adalah daun pepaya. Contoh daun melengkung adalah daun sirih. Contoh daun sejajar adalah daun jagung. dibedakan berdasarkan bentuk pertulang daunnya, daun juga dibedakan berdasarkan jumlah helai daun pada setiap tangkainya, yaitu daun tunggal dan majemuk. Daun tunggal adalah daun yang ditemukan satu helai dalam setiap tangkainya, contohnya daun jambu. Daun majemuk adalah daun yang terdiri dari beberapa helai dalam setiap tangkainya, contohnya daun putri malu.

C. Fungsi Daun

Fungsi utama daun pada tumbuhan adalah sebagai tempat membuat makanan atau tempat terjadinya proses fotosintesis. Selain itu, daun juga berguna sebagai tempat penguapan udara dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan. Fungsi utama daun adalah sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis Oksigen Energi cahaya Karbon dioksida Air.

4. Buah

Buah adalah bagian tumbuhan yang merupakan perkembangan dari bunga. Buah terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Biji buah bekerja sebagai bakal tumbuhan baru, sedangkan daging buah merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Buah yang berwarna mencolok akan menarik perhatian hewan sehingga membantu proses penyebaran biji. Biji buah bekerja sebagai bakal tanaman baru.
Karakteristik Hewan

 Cicak

Apakah kamu pernah mengamati cicak di dinding rumahmu? Kenapa cicak tersebut bias di dinding? Bagaimana cicak tersebut menangkap mangsanya?
Cicak memiliki alas kaki pada telapak kaki, sehingga dapat di dinding atau langitlangit
rumah. Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga dapat menangkap serangga. Cicak memiliki ukuran rata-rata 7 hingga 10 cm. Cicak dapat memutuskan ekornya untuk melindungi diri. Terdapat beberapa jenis cicak, yaitu cicak rumah, cicak pohon hijau, dan tokek. Cicak pohon hijau dan tokek
memiliki ukuran yang lebih besar dari cicak rumah.

Kelelawar

Kelelawar hidup di tempat yang gelap, seperti di atap rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi. Selain itu, kelelawar juga memiliki pendengaran yang baik dan peka menerima bunyi yang jelas. Kelelawar mampu mendeteksi benda-benda di sekitarnya dengan bunyi-bunyian tersebut.
Kelelawar adalah hewan nokturnal karena melakukan kegiatan di malam hari. Ada dua jenis kelelawar, yaitu
kelelawar pemakan buah dan kelelawar pemakan serangga. 115

Bunglon

Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna benda yang ada di sekitarnya, ketika berada di atas daun yang berwarna hijau, maka warna bisa berubah menjadi hijau. Ketika berada di batang pohon yang berwarna cokelat, maka warna bisa berubah menjadi cokelat. Bunglon mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri. Bunglon memiliki lidah yang panjang melebihi ukuran tubuhnya.


Kita sebagai warga Indonesia patut berbagga karena negeri tercinta ini memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat mempesona. Tapi banyak dari pemuda indonesia yang enggan memandang budaya indonesia sebagai budaya kuno. Mereka menganggap di era globalsasi seperti ini budaya indonesia terkesan ketinggalan zaman, karena tidak mengikuti perkembangan zaman.

Sumber daya alam adalah sesutu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup lebih sejahtera yang ada di lingkungan sekitar kita. Sumber daya alam terdapat dimana saja seperti di dalam tanah, udara, permukaan tanah, udara dan lain sebagainya contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan hewan, dan banyak lagi lainnya.

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang ada secara alami dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa kegiatan manusia yang berpengaruh negatif terhadap sumber daya alam, antara lain:

Ladang berpindah
perburan
penangkapan ikan dengan cara yang tidak tepat
Penebangan
pembukaan hutan

kegiatan lainnya yang merusak hutan.
Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk yang terus bertambah. Jumlah penduduk yang semakin banyak mengakibatkan kebutuhan hidup manusia bertambah besar. Misalnya kebutuhan makan, pakaian, perumahan dan kendaraan. Usaha pemenuhan kebutuhan manusia menuntut perkembangan teknologi yang semakin maju. Oleh karena itu perlu ada pelestarian sumber daya alam, adapun usaha untuk usaha tersebut di antaranya sebagai berikut :

Penanaman kembali hutan yang gundul
Menjaga kebersihan lingkungan
Membuat terasering pada pertanian di pegunungan
Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.

Pelestarian adalah suatu proses atau teknik yang didasarkan pada kebutuhan individu itu sendiri. Kita perlu memastikan sumber daya alam baik sumber daya alam yang dapat diterapkan maupun yang tidak dapat diaktifkan. Jika kita memiliki sumber daya alam, maka kita dapat menghemat sumber daya alam tersebut untuk masa sekarang dan sebagai cadangan untuk masa mendatang. Keruskan lingkungan dan sumber daya besar dilakukan oleh manusia yang tidak bijaksana sebagian besar dalam memanfaatkannya yang akhirnya menyababkan kerugian bagi makhluk hidup.

TEMA 3 IPS

3.1 3.1 ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat.
Pada dasarnya karakteristik kenampakan alam dibagi menjadi 2 bagian yaitu kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.

1. Kenampakan Alam Wilayah Daratan

Wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah sebagai berikut:

A. Dataran Rendah

Dataran Low adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian 0 – 200 m di atas permukaan laut. Pada peta, dataran rendah biasanya digambarkan dengan warna hijau. Dataran rendah dimanfaatkan untuk pemukiman, industri dan pertanian. Ibu kota provinsi di Indonesia hampir semuanya berada di dataran rendah dan dekat dengan laut. Seperti kota Jakarta, Surabaya dan Pontianak. Manfaat dataran rendah sebagian besar untuk lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan kelapa, padi, palawija dan tebu.

B. Dataran tinggi

Dataran Tinggi adalah wilayah daratan luas yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter dari permukaan air laut. Dataran tinggi disebut juga plateau atau plato. Pada peta, dataran tinggi biasanya digambarkan dengan warna coklat. Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Alas (Aceh), Dataran Tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Dataran tinggi sangat cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan. Tanaman yang cocok untuk perkebunan antara lain teh, cengkeh, kopi, sayuran dan buah-buahan, bunga dan kina. Bisakah kamu menyebutkan contoh
sayuran dan buah-buahan dari dataran tinggi?

C. pantai

Pantai adalah wilayah perbatasan antara daratan dan laut. Pantai ada yang landai ada yang terjal. Pantai banyak yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Contohnya adalah Pantai Carita (Banten), Pantai Senggigi (NTB), Pantai Ancol (DKI Jakarta), dan Pantai Kasih (Aceh). Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai sepanjang 81.000 kilometer. Pantai landai banyak dimanfaatkan antara lain:
– untuk perikanan dan tambak, hasilnya udang dan bandeng. Contohnya Pantai Utara Jawa,
– untuk rekreasi dan olahraga atau objek wisata, contohnya Pantai Parangtritis di Yogyakarta dan Pantai Kuta di Bali
– untuk tambatan perahu-perahu nelayan, contohnya pantai Pacitan di Jawa Timur dan pantai Ayah di Jawa Tengah.
– untuk pembuatan garam

Pantai terjal atau curam biasanya terdapat goa-goa yang merupakan burung walet. Sarang burung walet diambil oleh penduduk sekitar dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau obat-obatan. Pantai Karangbolong di Jawa Tengah banyak terdapat goa yang merupakan burung walet.

D. Gunung

Gunung adalah bagian bumi yang menonjol dengan ketinggian puncaknya di atas 600 m. Gunung dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
1) Gunung berapi
Gunung berapi terbentuk oleh lapisan material yang keluar dari perut bumi. Gunung berapi yang masih hidup atau gejala yang muncul adalah ledakan atau ledakan. Kegiatan gunung berapi aktivitas oleh Jawatan Geologi. Jawatan ini memiliki alat pencatat gempa bumi yang disebut seismograf. Beberapa bentuk gunung api, yaitu : gunung api kerucut (strato), gunung api Landai (Maar) dan gunung api Perisai (tameng). Bentuk ini dipengaruhi oleh letak dapur magma dan sifat magma yang keluar dari perut bumi.

2) Gunung tidak berapi

Gunung tidak berapi merupa-kan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tidak berapi sangat kecil kemungkinan untuk meletus. Gunung tidak berapi sering juga disebut gunung mati. Contoh gunung tidak adalah Gunung Muria (Jawa Tengah), Gunung Tambora (NTB), dan Gunung Melawan (Kalimantan Tengah).

Gunung terdiri dari tiga bagian. Yaitu puncak, lereng dan kaki gunung. Tanah yang berada di sekitar gunung sangat pinggiran. Kenapa bisa demikian? Karena mengandung fosfor dan silika yang berasal dari letusan gunung. Hal ini menyebabkan lereng dan kaki gunung banyak ditumbuhi pohon-pohon yang lebat dan cocok untuk kegiatan perkebunan. Gunung memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

1. gunung dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi.
2. material letusan gunung api dalam waktu lama dapat menyuburkan tanah, pasirnya dapat untuk bahan bangunan
3. gunung sebagai pengatur iklim dan penyimpan udara.
4. keluarnya magma menyebabkan terangkatnya barang tambang ke muka bumi.

e. Pegunungan

Pegunungan adalah rang-kaian gunung yang menyambung menyambung satu sama lain. Pe-gunungan juga sering dimanfaatkan untuk tempat wisata. Selain karena udaranya yang sejuk juga karena pemandangan di pegunungan sangat indah. Contoh Pegunungan di Indonesia adalah Pegunungan Kendeng (Jawa Tengah), Pegunungan Sibolangit (Aceh), Pegunungan Bukit Barisan (Bengkulu-Jambi), dan Pegunungan Jayawijaya (Papua).

Manfaat pegunungan antara lain:
– untuk usaha perkebunan bunga, sayuran dan tanaman industri,
– sebagai tempat peristirahatan, camping dan wisata alam, serta
– tempat tumbuh hutan sebagai perlindungan hewan dan tumbuhan agar tidak punah.

2. Kenampakan Alam Wilayah Perairan
Wilayah perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenangi udara. Kenampakan alam yang termasuk wilayah perairan adalah sebagai berikut:

A. Sungai

Sungai adalah aliran air yang panjang yang berasal dari mata air dan bermuara atau berakhir di laut. Manfaat sungai bagi masyarakat sekitar antara lain:
– untuk irigasi mengairi sawah,
– tempat memelihara ikan dengan menggunakan keramba,
– sebagai prasarana transportasi dan perdagangan /pasar terapung,
– dapat untuk pembangkit listrik.

B. Danau

Danau adalah daratan yang cekung dan terisi oleh udara. Pada umumnya air danau relatif luas. Berdasarkan cara terbentuknya ada dua macam, yaitu danau buatan dan danau alam. Danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia dengan cara membendung aliran sungai. Danau buatan sering disebut waduk.
Danau alam adalah danau yang terbentuk oleh peristiwa alam, antara lain karena letusan gunung api, gerakan kulit bumi, dan pelarutan batuan kapur oleh air hujan. Danau yang berukuran relatif kecil disebut telaga, rawa, atau paya- paya.

Manfaat danau atau waduk antara lain:

– menampung air hujan sehingga bisa mengurangi banjir,
– pengairan sawah dan industri,
– tempat memelihara dan penangkapan ikan, dan
– untuk olahraga air dan rekreasi.

C. laut

Laut adalah tempat air yang sangat luas dan dalam. Kedalamannya mencapai 1.000 meter atau lebih. Sedangkan kedalaman laut tepi antara 0 meter sampai 200 meter. Air laut rasanya asin karena mengandung garam.
Di dalam laut terdapat banyak kehidupan, antara lain tumbuhan laut, kerang, dan berjenis-jenis ikan. Laut di Indonesia sangat luas, melebihi luas daratannya. Dua per tiga (2/3) wilayah Indonesia berupa laut 
berupa laut atau perairan. Laut di Indonesia antara lain Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Flores, Laut Banda, Laut Buru, Laut Seram, dan sebagainya.Manfaat laut bagi kehidupan manusia sangat banyak, antara lain:
– laut merupakan penyumbang terjadinya hujan dan pengatur iklim,
– air laut diolah menjadi garam, contohnya di Sumenep Madura,
– dari dalam laut kita memperoleh berjenis-jenis ikan, kerang, dan rumput laut yang dapat diolah menjadi makanan dan obat-obatan, serta
– laut juga dimanfaatkan untuk olahraga udara, jalur transportasi, dan lain sebagainya.

SOAL PENGAYAAN TEMA 3

Muatan Pelajaran : PPKn
1. Salah satu hak kita terhadap tumbuhan adalah ....
a. melakukan reboisasi
b. menyirami tanaman
c. memberi pupuk pada tanaman
d. memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan makanan

2. Salah satu tanggung jawab manusia terhadap lingkungan adalah ....
a. tidak membuang sampah sembarangan
b. mengeksploitasi alam
c. mengolah sumber daya alam
d. menebang pohon

3. Sikap kita ketika melihat teman merusak tanaman adalah ....
a. mendukungnya
b. ikut merusak tanaman
c. menegurnya
d. membiarkannya

4. Melestarikan sumber daya alam merupakan tugas ....
a. pecinta lingkungan
b. pramuka
c. pemerintah
d. semua masyarakat

5. Membuang sampah pada tempatnya merupakan contoh wujud kewajiban terhadap ....
a. orang tua
b. guru
c. lingkungan
d. teman

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Orang yang menjadi informasi dalam wawancara disebut ....
a. penulis
b. narasumber
c. wartawan
d. reporter

7. Cara memperoleh informasi dengan cara tanya jawab disebut ....
a. negosiasi
b. wawancara
c. kolaborasi
d. dialog

8. Laporan yang disusun setelah melakukan wawancara disebut ....
a. laporan hasil observasi
b. laporan hasil investigasi
c. laporan pertanggungjawaban
d. laporan hasil wawancara

9. Sebelum melakukan wawancara, yang harus dilakukan adalah ....
a. membuat daftar pertanyaan
b. membawa alat tulis
c. membuat judul
d. membawa peralatan untuk wawancara

10. Budi : “Maaf, Pak saya mengganggu waktu Bapak.”
Pak Joko : “Oh, tidak apa-apa Nak.”
Budi : ......................................................
Pak Joko : “Oh, boleh saja. Apa yang ingin kamu ketahui?”

Kalimat yang tepat diucapkan Budi adalah ....
a. Boleh saya tanya ke Bapak?
b. Boleh aku mewawancarai Bapak?
c. Bolehlah saya bertanya kepada Bapak?
d. Boleh kan saya tanya sedikit kepada Bapak?

Muatan Pelajaran : IPA
11. Bentuk paruh burung biasanya sesuai dengan ....
a. habitatnya
b. lingkungannya
c. jenis makanannya
d. cara berkembang biak

12. Antena pada kupu-kupu berfungsi untuk ....
a. menghisap nektar
b. berjalan
c. keseimbangan
d. terbang

13. Salah satu penyebab punahnya sebuah spesies hewan adalah ....
a. pelestarian alam
b. perburuan hewan langka
c. reboisasi
d. budi daya hewan

14. Bentuk pelestarian sumber daya alam berupa hewan konsumsi adalah melakukan ....
a. budidaya hewan
b. perburuan liar
c. memancing
d. menjala ikan

15. Perhatikan upaya-upaya berikut !
(1) Tidak membuang sampah sembarangan
(2) Mendirikan cagar alam
(3) Menanami lahan kosong di pekarangan rumah
(4) Tidak membunuh burung-burung yang ada di lingkungan rumah

Upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan lingkungan adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (1), (2), dan (4)

Muatan Pelajaran : IPS
16. Daratan yang berbatasan dengan laut disebut ....
a. rawa
b. sungai
c. danau
d. pantai

17. Salah satu manfaat sungai di Kalimantan adalah digunakan sebagai ....
a. pembangkit listrik
b. pengairan sawah
c. sarana transportasi
d. pengembangbiakan bibit ikan

18. Contoh tanaman yang tumbuh di rawa adalah ....
a. bakau dan eceng gondok
b. pohon pinus dan tebu
c. tembakau dan kedelai
d. padi dan jagung

19. Perhatikan daftar tanaman-tanaman di bawah ini!
(1) Кoрі.
(2) Tebu.
(3) Teh.
(4) Kelapa sawit.
(5) Cokelat.
Berdasarkan daftar tanaman di atas, tanaman yang cocok ditanam di daerah dataran tinggi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)

20. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi hutan adalah ....
a. menyimpan cadangan air
b. tempat hidup satwa liar
c. tempat wisata
d. pembangkit tenaga listrik

Muatan Pelajaran : SBdP
21. Salah satu pemanfaatan mozaik dari barang bekas adalah mozaik dari ....
a. biji alam
b. bungkus mie instan
c. kertas warna
d. daun pisang kering

22. Kolase termasuk dalam karya seni ....
a. tiga dimensi
b. abstrak
c. dua dimensi
d. satu dimensi

23. Menempelkan sebuah materi seperti biji-bijian atau lidi pada sebuah lukisan sebaiknya menggunakan ....
a. staples
b. paku
c. lem
d. air

24. Berikut ini yang tidak termasuk bahan alam untuk membuat karya kolase adalah ....
a. biji-bijian
b. lidi
c. daun kering
d. manik-manik

25. Bahan yang tidak dapat digunakan untuk membuat kolase adalah ....
a. kayu
b. kertas warna
c. kedelai
d. tanah liat


Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Kerjakan tugasmu dibuku latihan dan  fotokan kemudian kirimkan pada bu gurumu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 3 PB 3 ( Monday, 28th October 2019 )

Tema 5 Subtema 2 PB 1 ( Monday, 11th January 2021 )