Tema 9 Subtema 1 PB 4 ( Friday, 27th March 2020 )
Tema 9 Subtema 1 PB 4
( Friday, 27th March 2020 )
Hari/tanggal : 27th March 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 9 (Kayanya Negriku) /Subtema 1 (Kekayaan Sumber Energi)/PB4
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.
Menjelaskan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.
Mempresentasikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan
daftar pertanyaan.
3.3.1.
Mengidentifikasi informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3.
Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
4.3.1.
Membuat laporan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan oleh untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan masyarakat.
Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkanya dengan bijak dan hemat.
Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatanya.
1. KEWAJIBAN TERHADAP SUMBER ENERGI
Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi.
Setiap aktifitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh terhadap alam.
Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik .
Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari hari :
A. Menghemat energi dengan. menggunakan seperlunya
B. Memanfaatkan teknologi dan. peralatan yang ramah lingkungan
C. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga keseterdiaan sumber energi
D. Melakukan reboisasi untuk menjaga. keseterdiaan sumber air
E. Menggunakan sumber energi. alternatif. seperti angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi. yang tidak dapat diperbarui
Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.
2. HAK MEMANFAATKAN SUMBER ENRGI
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatanya sehari hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.
Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.
Tugas wartawan
Wartawan merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio dan televisi.
Saat melakukan peliputan wartawan membawa alat rekam dan alat dari narasumber.
Tahapan wartawan dalam mencari informasi.
1. Sebelum wawancara
2. Saat wawancara
3. Setelah wawancara
Exercise
1. Upaya untuk melestarikan sumber daya air antara lain dapat kita lakukan dengan...
2. Mengupayakan kelestarian lingkungan harus dilakukan setiap warga .Hal ini termasuk sebagai....
3. Sebutkan contoh hak kita terhadap lingkungan...
4. Mengapa kewajibanmu disekolah harus dilaksanakan dengan baik...
5. Apa perbedaan hak dan kewajiban...
6. Orang yang memberikan informasi disebut...
7. Setelah selesai melakukan wawancara yang kita lakukan adalah ..
8. Wartawan. : Apa yang bapak upayakan. untuk kegiatan siswa. belajar dirumah. dikarenakan wabah covid 19 ?
Kepala Sekolah: Kami mengupayan secara. bersama-sama.Para siswa. dan guru terlibat. mengikuti pembelajaran. secara Daring dan
mengharapkan. bertanggung jawab dan. tidak melakukan
kegiatan bepergian . kemanapun.
Topik pembicaraan diatas. adalah...
9. Tujuan melakukan wawancara adalah...
10. Pewawancara adalah...
( Friday, 27th March 2020 )
Hari/tanggal : 27th March 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 9 (Kayanya Negriku) /Subtema 1 (Kekayaan Sumber Energi)/PB4
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.
Menjelaskan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.
Mempresentasikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan
daftar pertanyaan.
3.3.1.
Mengidentifikasi informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3.
Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
4.3.1.
Membuat laporan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan oleh untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan masyarakat.
Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkanya dengan bijak dan hemat.
Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatanya.
1. KEWAJIBAN TERHADAP SUMBER ENERGI
Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi.
Setiap aktifitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh terhadap alam.
Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik .
Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari hari :
A. Menghemat energi dengan. menggunakan seperlunya
B. Memanfaatkan teknologi dan. peralatan yang ramah lingkungan
C. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga keseterdiaan sumber energi
D. Melakukan reboisasi untuk menjaga. keseterdiaan sumber air
E. Menggunakan sumber energi. alternatif. seperti angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi. yang tidak dapat diperbarui
Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.
2. HAK MEMANFAATKAN SUMBER ENRGI
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatanya sehari hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.
Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.
Tugas wartawan
Wartawan merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio dan televisi.
Saat melakukan peliputan wartawan membawa alat rekam dan alat dari narasumber.
Tahapan wartawan dalam mencari informasi.
1. Sebelum wawancara
2. Saat wawancara
3. Setelah wawancara
Exercise
1. Upaya untuk melestarikan sumber daya air antara lain dapat kita lakukan dengan...
2. Mengupayakan kelestarian lingkungan harus dilakukan setiap warga .Hal ini termasuk sebagai....
3. Sebutkan contoh hak kita terhadap lingkungan...
4. Mengapa kewajibanmu disekolah harus dilaksanakan dengan baik...
5. Apa perbedaan hak dan kewajiban...
6. Orang yang memberikan informasi disebut...
7. Setelah selesai melakukan wawancara yang kita lakukan adalah ..
8. Wartawan. : Apa yang bapak upayakan. untuk kegiatan siswa. belajar dirumah. dikarenakan wabah covid 19 ?
Kepala Sekolah: Kami mengupayan secara. bersama-sama.Para siswa. dan guru terlibat. mengikuti pembelajaran. secara Daring dan
mengharapkan. bertanggung jawab dan. tidak melakukan
kegiatan bepergian . kemanapun.
Topik pembicaraan diatas. adalah...
9. Tujuan melakukan wawancara adalah...
10. Pewawancara adalah...
Komentar
Posting Komentar