Tema 9 Subtema 3 PB 4 ( Wednesday, 22th April 2020 )
Greeting from the group teacher class 4 SD Al Azhar
1. Murojaah
Khanza 4 F
2. Murojaah
Deandra
3.Murojaah
Karenina 4f
4. Murojaah
Danish 4f
Tema 9 Subtema 3 PB 4
Hari/tanggal : 22th April 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 9 (Kayanya Negriku) / Subtema 3 (Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia) / PB 4
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.
mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.
menemukan contoh perilaku yang yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
3.3.1.
mengetahui kerja bakti dan manfaatnya dengan penuh kepedulian.
4.3.
Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
4.3.1.
menyajikan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam.
Hal tersebut dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari dan bisa dimanfaatkan.
Namun melestarikan kakyaan sumber daya alam bukanlah milik satu orang saja tetapi seluruh masyarakat wajib melkasanakannnyabersama sama dan saling menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan.
Contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam melestraikan sumber daya alam yaitu:
1. Kerja bakti membersihkan selokan yang penuh dengan sampah
2. Bergotong royong membersihkan sungai dari sampah
3. Bergotong royong membangun sarana kebersihan
4. Menanam bibit pohon disekitar taman
Menerapkan langkah-langkah wawancara
Dalam sebuah wawancara, pewawancara harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami oleh narasumber.
Contoh pertanyaan wawancara
1. Berapa kali sungai dibersihkan oleh warga setempat secara gotong royong dalam setahun?
2. Apa manfaat yang dirasakan warga setelah sungai dibersihkan secara bergotong royong ?
Exercise
1. Buatlah minimal 5 daftar pertanyaan untuk wawancara mengenai wabah yang sekarang terjadi seperti covid 19 ?
Komentar
Posting Komentar