Tema 9 Subtema 1 PB 6 ( Monday, 6th April 2020 )
1. Murojaah 4f
Alluna Ziefan Yunata
2. Murojaah 4f
Putri Khernisa
3. Murojaah 4f
Azka Raki Afuzaretama
Alluna Ziefan Yunata
Putri Khernisa
Azka Raki Afuzaretama
Tema 9 Subtema 1 PB 6
Subtema 1 : Kekayaan Sumber Energi
Pembelajaran : 6 (Enam)
Tanggal : 06 April 2020
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.2.
|
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1.
|
menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
|
4.2.
|
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1.
|
menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
|
MATERI
Hemat berarti dalam mempergunakan energi hendaknya seperlunyasaja. Misalnya hemat listrik, hemat gas, hemat premium dan sebaginya.
Contohnya listrik perlu dihemat karena perlu proses lama dan perlu biaya tinggi. Meskipun listrik bisa dihasilkan dengan banyak cara seperti :
a. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
b. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)
c. Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)
Bagaiman hak dan kewajiban kita terhadap sumber energi
a. Hak terhadap sumber energy : menggunakan energi sepelunya asalkan penggunaan tidak melanggar undang – undang.
b. Kewajiban terhadap sumber energi : Aktivitas berpengaruh besar pada lingkungan dan sumber energi oleh karena itu jangan sampai merusaknya.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
| ||
3.3.
|
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
|
3.3.1.
|
Menggali informasi dari seorang tokoh bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalnya dengan penuh kepedulian.
|
4.3.
|
Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
|
4.3.1.
|
Menyajikan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
|
MATERI
Menyusun Pertanyaan Wawancara berdasarkan teks berita
Tahap tahap melakukan wawancara
Salah satu langkah melakukan wawancara adalah mempersiapkan pertanyaan untuk narasumber. Untuk menentukan narasumber dan pertanyaan yang tepat dapat membaca teks berita yang sesuai topik wawancara.
Ada 3 tahap yang harus dilakukan :
1. Tahap persiapan
Tahap persiapan dalam wawancara terdiri dari :
1) Menentukan topik wawancara
2) Menghubungi narasumber
3) Menyusun daftar pertanyaan
2. Tahap pelaksanaan
Tahap pelaksanaan dalam wawancara yaitu :
1) Mengutarakan maksud dan tujuan wawancara
2) Menyampaikan pertanyaan dengan teratur
3) Mencatat pokok – pokok wawancara
3. Tahap penyusunan hasil wawancara
Laporan hasil wawancara terdiri atas bagian-bagian berikut :
1) Tujuan wawancara
2) Identitas narasumber
3) Isi wawancara dalam bentuk karangan narasi
Manfaat wawancara
Manfaat wawancara dapat membatu kita untuk :
1) Menambah wawasan hidup
2) Memberi inspirasi dan mendorong semangat hidup
3) Memotivasi menjadi manusia yang lebih baik.
Exercise
1. Apa manfaat wawancara..
2.Tempat mengajukan pertanyaan-pertanyaan saat melakukan wawancara adalah....
3. Memotivasi menjadi manusia yang lebih baik merupakan....wawancara
4. Sebelum mewawancari narasumber sebaiknya dibuat...
5. Setiap warga negara memiliki... dan....
1. Apa manfaat wawancara..
2.Tempat mengajukan pertanyaan-pertanyaan saat melakukan wawancara adalah....
3. Memotivasi menjadi manusia yang lebih baik merupakan....wawancara
4. Sebelum mewawancari narasumber sebaiknya dibuat...
5. Setiap warga negara memiliki... dan....
Komentar
Posting Komentar