Kisi - Kisi PTS Akidah Akhlak ( Friday, 3rd April 2020 )

1. Murojaah

Bintang Faras Ar - Raffi
 

KISI KISI PTS SOAL AQIDAH AKHLAK KLS 4 JUM'AT 3 APRIL 2020


Nama Sekolah : SD AL AZHAR 1
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester IV / 2
Materi Pokok : Kalimat Toyibah Bismillahi rohmani rrohim
Hari  /  Tanggal :   Jum'at 03 April 2020

 KISI KISI SOAl PTS.

A. Meyakini Allah Melaluai Salam.
Ucapan salam dapat di ucapkan di mana, kapan saja,dan kepada siapa saja tanpa pandang bulu.
Sebagai mana dalam hadis dikataka :


Yang artinya Dari Abdullah bin Amr r.a.bahwasannya ada seorang yang bertanya kepada Rosulullah Saw,”Bagaimanakah Islam yang baik itu ?” Beliau menjawab,” Yaitu mau memberi makanan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan kepada orang yang belum kamu kenal.” ( H.R.Bukhori : 11.77,5767;Muslim: 56 Abu Dawud :4520)

B. Arti Salama
Ucapkanlah  لسَلَا مُ عَلَيْكُم وَرَ حْمَةُ اللَّهِ وَبَرَ كَا تُهُ اَ  berarti semoga keselamatan dan kasih saying Allah serta kebaikan terlimpah kepada kalian.Oleh karena itu,dianjurkan untuk menjawab salam yang lengkap,walaupun teman yang memberikan salam tidak lengkap.Menjawab salam secara lengkap merupakan penghormatan kepada teman yang memberikan salam.

Raulullah saw sangat mencintai ucapan salam. Setiap waktu dan kesempatan,beliau tak lepas dari ucapan salam. Beliau pernah bersabda,yang artinya,”Apabila salah seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya,hendaklah ia mengucap salam kepadanya.Seandainya diantara keduanya terpisah oleh poho,dinding,atau batu,kemudian bertemu kembali,hendaklah ia mengucapkan salam lagi. “(H.R.Abu Dawud dari Abu Hurairoh )

C. Pengertiannya Salam
Ucapan salam sudah menjadi budaya ,diantaranya sebagai salam pembuka,mengawali pidato,dan memulai ceramah.Mengapa kita wajib menyebarkan salam ?
Salam merupakan sapaan resmi para malaikat,para nabi atau rosul,dan penghuni surga.

Allah Swt berfirman yang artinya :
Sudahkah sampai kepadamu ( Muhammad ) cerita tamu Ibrahim( Malaikat-malaikat ) yang di mulyakan ? ( Ingatlah ) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan , “Salaman (salam).”Ibrahim menjawab,”Salamun (salam).”orang orang yang belum di kenalnya.( Q.S.A Zariyat/51: 24-25)

Salam sebagai sarana pengikat persaudaraan. Rasulullah saw.bersabda yang artinya :
Kalian tidak akan masuk surge sampai menjadi beriman.Dan tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apa bila dikerjakannya,kalian akan saling mencintai ? Sebarkan salam di antara kalian. ( H.R.Muslim nomor 81 dari Abu Hurairoh)

Jelaslah ucapan salam dapat memperkuat jalinan silaturahmi.Ucapan tersebut menumbuhkan rasa cinta di antara umat Islam. Dengan ucapan salam,kerukunan di antara kalian dapat terjaga.

D. Kapan Mengucapkan Salam ?
Rosulullah Saw,memerintahkan agar kalian senantiasa menyebarkan salam,kapanpun dan dimanapun,terutama ketika bertamu kerumah teman,memulai pertemuan,dan setiap kali ketemu dengan sesamanya.

Sifat sifat Allah dalam Asmaul Husna 2
Setiap anak muslim wajib mengenal sifat sifat Allah.Sifat sifat Allah yang harus di kenal dalam asmaul husnah adalah Assalam dan Alatif.Ketika kita meneladani sifat sifat Allah .maka Allah  akan senantiasa menjaga dan melindungi kita.

Dalam asmaul husnah ada 99 nama dengan makna yang sangat baik untuk di jadikan pengiring saat kita berdoa sehari hari.Allah akan senantiasa umatnya yang senang dan selalu bertasih menyebut asmaul husnah.

A.As-Salam
Menurut bahasa Assalam bermakna as salamah yang artinya selamat dari aib dan kekurangan karena  kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan perbuatanNya  .Allah maha sempurna . Allah tidak mempunyai kekurangan. Zat Allah tidak rusak dan tidak cacat.Sifat-sifat Allah sempurna. Semua yang di lakukan Allah selalu benar,tidak pernah salah dan tercela.

Allah selalu berkecukupan ,tidak butuh materi dari mahlukNya, semua kebutuhan di cukupinya sendiri,bahkan Dialah yang memberikan kesejahteraan kepada mahlukNya.

Allah bersifat       اَلسَّلَا مُyang artinya  Maha sejahtera.     
                                                  
Kesejah teraan dapat dicapai jika seseoarang mempunyai hati yang bersih,seperti membenci, tidak merasa iri dan tidak  pernah berdusta.Selain itu juga mereka tidak melakukan perbuatan dosa.seperti : berkata jorok,dean membicarakan keburukan orang lain.Manusia akan selamat di dunia dan di akherat jika tidak melakukan dosa.

As Salam yang mem'444iliki mutlak kesejahteraan dan keselamatan.Keselamatan adalah suatu yang di miliki oleh Allah SWT. Yang sangat di butuhkan oleh mahlukNya agar selamat dari azab ,siksa,malapetaka dan kerugian.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan : Janganlah bergantung pada sebatang pohon yang akan menjadi kering dan tumbang,janganlah bergantung kepada manusia karena mereka akan menjadi tua dan akan mati.” 
Orang yang bergantung kepada sifat Allah ,As –salam (sebagai penyelamat ) maka tidak akan pernah panik dalam situasi dan kondisi apa pun.

B. Al – latif
Al – Latif menurut bahasa berarti halus ,atau lembut,atau cantik. Menurut istilah ,al latif adalah Yang Maha Halus. Makna yang maha halus dapat di artikandengan mengetahui hal – hal yang tersembunyi.

Dalam Q. S Lukman  31/16 Lukman berkata wahai anakku .Sungguh,jika ada (o sesuatu perbuatan,
Ebesarbiji sawi,dan berada dalam batu atau di langit atau di bumu,niscaya Allah akan memberinya ( balasan ) Sesungguhnya Allah maha halus,,maha teliti.                                                             
    Allah  Maha Mengetahui terhadap hal hal yang tidak terlihatyang tersembunyi dan yang qoib.. Hal yang qoib di ketahui Allah,seperti manusia mengetahui hal hal yang nyata. Allah melihat segala gerak gerik hambanya.

Allah bersifat   اللَّطِيْفُ artinya yang maha halus.Allah berfirman sebagai berikut.yang artinya,Dia tidak dapat di capai oleh penglihatan mata,sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah yang maha halus,Maha teliti Q.S.al an’am 103

C. Melafalkan Sifat Sifat Allah dalam Asmaul Hu8
Setelah mengenal sifat sifat Allah dalam As maul husna ( As salam1. DAN Al Latif ),kita wajib mengamalkannya dalamak menyebarkan fitnah.

O
 kehidupan sehari hari. Perwujudan iman terhadap nama nama Allah adalah sebagai beriku :
AS salam  ( السَّللَا مُ   ), senantiasa menyebarkan salam,mampu menutupi aib orang lain.dan tidak menyebarkan fitnah.

Al Latif   (       الَّطِيْفُ) ,bersifat lembut kepada orang lain,berhati hati dalam bertutur kata,dan bertundak.

B.Pengertian Nabi dan Rosul
Menurut etimologi, nabi berarti membawa berita.Menurut istilah nabi adalah seorang manusia yang di pilih oleh Allah dan di beri wahyu atau agama.

Menurutetimologi,rosul adalah seorang yang mengemban tugas atau petugas . Sedangkan menurut istilah Rasul Adalah seorang manusia yang di pilih oleh Allah dan di beri wahyu ( agama ),serta di beri tugas untuk menyampaikannya kepada umatnya.

Perbedaan Nabi dan Rasul adalah seorang nabi menerima wahyu dari Allah Swt,tetapi tidak membawa syariat baru. Nabi hanya melanjutkan syariat rosul dan nabi sebelumnya. Sedangkan rosul menerima wahyu dari Allah Swt ,guna di sampaikan kepada umatnya.                                               .                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 2 PB 2 ( Thursday, 17th October 2019 )