Tema 2 Subtema 3 PB 6 ( Monday, 2th September 2019 )
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 6 / Enam
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Indikator :
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata lebih tinggi dibanding tahu.Menurut penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari. Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya. Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya, kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.
Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.
Mata Pelajaran : PPKN
Indikator:
Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari :
1. Lingkungan sekolah
Hak
a. berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
b. menggunakan fasilitas sekolah dengan baik dan benar.
c. mendapatkan perlindungan dan keadilan dari pihak sekolah.
d. mendapatkan apresiasi dari sekolah jika berprestasi.
Kewajiban
a. membayar uang sekolah dan uang administrasi.
b. merawat fasilitas sekolah.
c. menjaga kedamaian dan ketentraman sekolah.
Lingkungan masyarakat.
Hak
a. mendapatkan perlindungan dan perdamaian.
b. menggunakan fasilitas umum dengan baik.
Kewajiban
a. Menaati peraturan yang berlaku.
b. Menjaga ketentraman dan kedamaian di lingkungan masyarakat.
Lingkungan keluarga
Hak
a. mendapatkan perlakuan secara adil dan memenuhi kebutuhan dari orang tua bagi anak.
Kewajiban
a. menghormati yang lebih tua dan menyayangi adik.
b. membantu orang tua.
Lingkungan negara
Hak
a. Berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan sama.
b. Mendapatkan jaminan kesejahteraan, perlindungan dan ketentraman dari negara.
c. Mendapatkan kebebasan menjalankan dan menentukan nasibnya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kewajiban
a. Membayar pajak
b. Menjaga ketentraman negara.
c. Berkontribusi dalam membela negara.
Penjelasan lebih lanjut :
Hak merupakan suatu yang wajib didapatkan dari setiap individu yang menjalankan kewajibannya.
Latihan soal
1. Gagasan pokok dapat ditulis di......,.......dan....
2. Tuliskan hak dan kewajibab siswa di sekolah...
Pembelajaran : 6 / Enam
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Indikator :
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata lebih tinggi dibanding tahu.Menurut penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari. Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya. Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya, kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.
Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.
Mata Pelajaran : PPKN
Indikator:
Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari :
1. Lingkungan sekolah
Hak
a. berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
b. menggunakan fasilitas sekolah dengan baik dan benar.
c. mendapatkan perlindungan dan keadilan dari pihak sekolah.
d. mendapatkan apresiasi dari sekolah jika berprestasi.
Kewajiban
a. membayar uang sekolah dan uang administrasi.
b. merawat fasilitas sekolah.
c. menjaga kedamaian dan ketentraman sekolah.
Lingkungan masyarakat.
Hak
a. mendapatkan perlindungan dan perdamaian.
b. menggunakan fasilitas umum dengan baik.
Kewajiban
a. Menaati peraturan yang berlaku.
b. Menjaga ketentraman dan kedamaian di lingkungan masyarakat.
Lingkungan keluarga
Hak
a. mendapatkan perlakuan secara adil dan memenuhi kebutuhan dari orang tua bagi anak.
Kewajiban
a. menghormati yang lebih tua dan menyayangi adik.
b. membantu orang tua.
Lingkungan negara
Hak
a. Berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan sama.
b. Mendapatkan jaminan kesejahteraan, perlindungan dan ketentraman dari negara.
c. Mendapatkan kebebasan menjalankan dan menentukan nasibnya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kewajiban
a. Membayar pajak
b. Menjaga ketentraman negara.
c. Berkontribusi dalam membela negara.
Penjelasan lebih lanjut :
Hak merupakan suatu yang wajib didapatkan dari setiap individu yang menjalankan kewajibannya.
Latihan soal
1. Gagasan pokok dapat ditulis di......,.......dan....
2. Tuliskan hak dan kewajibab siswa di sekolah...
Komentar
Posting Komentar