Tema 3 Subtema 3 PB 5 ( Thursday, 26th September 2019 )
Subtema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 5 (Lima)
Tanggal :
KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
4.1.2 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam
Materi
SDA meliputi komponen biotik seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Sedangkan komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, tanah dan cahaya matahari. Kedua komponen tersebut saling ketergantungan satu sama lain sehingga harus dijaga kesimbangannya.
Berikut beberapa upaya menjaga kesimbangan pelestarian sumber daya alam.
Melakukan reboisasi
Menjaga kelestarian hutan
Melindungi satwa langka
Melakukan daur ulang
Pengelolaan air limbah
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.4 Menjelaskan cara melakukan apresiasi terhadap hasil karya seni montase
4.4.4 Mengapresiasi karya seni montase
Materi
Apakah yang dimaksud apresiasi seni?
Apresiasi seni merupakan penilaian terhadap suatu karya seni, dimulai dari pengenalan, penilaian, dan penghargaan makna atau pesan moral atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.
Pilihlah salah satu hasil karya teman kalian. Amatilah karya seni tersebut. Kemudian, sampaikan apresiasi atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa bahan yang digunakan teman kalian untuk membuat MONTASEnya?
Jawab: ________________________________________________
2. Menurut kalian, menarik atau tidakkah hasil karya teman kalian tersebut? Jelaskan alasannya.
Jawab: ________________________________________________
3. Tuliskan kritik dan saran untuk hasil karya teman kalian tersebut agar lebih baik lagi.
Jawab: ________________________________________________
Pembelajaran : 5 (Lima)
Tanggal :
KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
4.1.2 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam
Materi
SDA meliputi komponen biotik seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Sedangkan komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, tanah dan cahaya matahari. Kedua komponen tersebut saling ketergantungan satu sama lain sehingga harus dijaga kesimbangannya.
Berikut beberapa upaya menjaga kesimbangan pelestarian sumber daya alam.
Melakukan reboisasi
Menjaga kelestarian hutan
Melindungi satwa langka
Melakukan daur ulang
Pengelolaan air limbah
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.4 Menjelaskan cara melakukan apresiasi terhadap hasil karya seni montase
4.4.4 Mengapresiasi karya seni montase
Materi
Apakah yang dimaksud apresiasi seni?
Apresiasi seni merupakan penilaian terhadap suatu karya seni, dimulai dari pengenalan, penilaian, dan penghargaan makna atau pesan moral atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.
Pilihlah salah satu hasil karya teman kalian. Amatilah karya seni tersebut. Kemudian, sampaikan apresiasi atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa bahan yang digunakan teman kalian untuk membuat MONTASEnya?
Jawab: ________________________________________________
2. Menurut kalian, menarik atau tidakkah hasil karya teman kalian tersebut? Jelaskan alasannya.
Jawab: ________________________________________________
3. Tuliskan kritik dan saran untuk hasil karya teman kalian tersebut agar lebih baik lagi.
Jawab: ________________________________________________
Komentar
Posting Komentar