Tema 1 Subtema 3 PB 4 ( Thursday, 5th August 2021 )

 PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih

Materi Ajar 


TEMA 1  : INDAHNYA KEBERSAMAAN

Subtema    : 3 ( Tiga )
        ( Bersyukur Atas Keberagaman )
Pembelajaran : 4
Tanggal   : Thursday, 5td August 2021


Bismillah... 
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... 

Hari ini, seperti biasa sebelum belajar dimulai mohon segera siapkan semua keperluan yaa.
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.

Hari ini kita akan melaksanakan penilaian harian. 
MATEMATIKA DAN SBDP (Tema 1 Subtema 1)

Walaupun kita ulangan tetap mengikuti pembelajaran selanjutnya.

Link ulangan harian MATEMATIKA 
TEMA 1 SUBTEMA 1



Link ulangan harian SBDP 
TEMA 1 SUBTEMA 1


Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa.... 
Baca dan pahami baik-baik. 

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mendiskripsikan membantu sesama yang yang membutuhkan
2. Siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah paragraf.
3. Siswa mampu mencari pecahan senilai dan  mencari pecahan sederhana. 

Sebelum kita mulai pembelajaran sebaiknya kita simak video pembelajaran di bawah ini !

https://youtu.be/rdoNUn_ei48

Literasi 

Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman adalah dengan menghargai perbedaan, menghormati dan tidak menghina suatu perbedaan.

Siti dan teman - temannya selalu mengajarkan kita untuk bekerja sama dalam keberagaman. Ayo kita cari tahu cerita mereka membantu sesama.

IPS

Bacalah teks dibawah ini !



Exercise

1. Jika kamu menjadi Siti, Apa yang kamu lakukan bersama teman - temanmu ...

BAHASA INDONESIA



Exercise

1. Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 1 !



MATERI AJAR 

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
MATERI : PECAHAN
PERTEMUAN : 4

Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan

Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.

Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:

Cara 1:

 
Cara 2:

Menyamakan penyebut dengan menggunakan kelipatan persekutuan terkecil dari penyebut
 

Dari kelipatan tersebut bilangan yang sama dan terkecil adalah 12

Selanjutnya langkah yang dapat dilakukan seperti gambar



Cara Menyederhanakan Pecahan

Metode 1: Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat positif yang sama secara berulang-ulang sampai tidak dapat dibagi lagi.
Contoh:


Metode 2: Bentuk sederhana dari bilangan pecahan apabila FPB dari pembilang dan penyebutnya adalah 

1. Jika FPB belum sama dengan 1, cara menyederhanakannya adalah dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan FPB tersebut.
Contoh:


Cara Membandingkan Pecahan
Metode 1: Untuk penyebut yang sama, hanya membandingkan pembilangnya.
Contoh:


Metode 2: Untuk penyebut yang berbeda, menyamakan penyebut terlebih dahulu lalu membandingkan pembilangnya. 

Cara menyamakan penyebut:

Cara I: Mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat yang sama hingga penyebutnya sama.

Cara II: Penyebutnya sama-sama dibuat menjadi KPK dari penyebutnya.
Contoh:


Metode BONUS: Kali silang antara pembilang dan penyebut.
Contoh:

Exercise

1. Dua bilangan pecahan yang senilai dengan 3/5 adalah . . . .

2. Perhatikan pecahan berikut!
3/16 ; 1/8 ; 6/24 ; 4/32
Dari beberapa pecahan tersebut, pecahan yang senilai adalah  . . .  dan . . . .

3. Bentuk bilangan paling sederhana dari 8/16 adalah . . . .

4. Tanda yang tepat untuk 3/6 . . . 6/8 adalah . . .

5. Urutkan bilangan pecahan 2/3, 10/12, ¾  dari yang terkecil !

Kerjakan tugasmu di buku tugas daring, foto dan kolasekan kegiatan ibadah dan tugasmu lalu kirimkan pada ibu guru ya!

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.


Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !

Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖💖

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 3 PB 3 ( Monday, 28th October 2019 )

Tema 5 Subtema 2 PB 1 ( Monday, 11th January 2021 )