Materi Ajar Tema 2 Subtema 1 PB 2,3 dan PB 4 ( Thursday, 12th August 2021 )

 PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih


Materi ajar


Tema 2        : selalu berhemat energi

Subtema 1 : sumber energi

Pembelajaran ke :  2, 3 dan 4

Tanggal                   : Kamis, 12 Agustus 2021


Bismillah... 

Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 

Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... 

Hari ini, seperti biasa ibu akan memberikan materi pelajaran melalui blogger ini. 

Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.


Tujuan pembelajaran

1. Siswa mampu mendiskripsikan nada rendah, nada tinggi dan ketukan nada.

2. Siswa mampu mendiskripsikan manfaat energi angin, dan energi listrik.

3. Siswa mampu mendiskripsikan manfaat hemat energi, HAK dan KEWAJIBAN.

4. Siswa mampu merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.


Pada hari ini kita akan menggabungkan materi pembelajaran untuk PB 2, PB 3 dan PB 4 dikarenakan pada hari selasa dan rabu karena kita merayakan tahun baru Islam.


Literasi

Kalian sudah mempelajari manfaat energi panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman.

SBDP

Sebelum kita mulai pembelajran ayo kita bernyanyi bersama sama.


Nah kita bisa membedakan yaa antara nada tinggi dan nada rendah.

Exercise SBDP

1. Sebutkan urutan nada dari rendah ke tinggi ?
2. Birama lagu ⁴/⁴ adalah...

IPA

Energi Air

Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air 
untuk beraktivitas.
Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga 
membutuhkan air. 
Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya.
Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. 

Menurut ayahnya, kincir angin 
yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi 
atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakan alat untuk 
memompa air.

Kincir angin yang dibuat Siti ada 2 yaitu kincir angin dari kertas dan kincir air dari botol plastik tetali kita akan membuat kincir angin yang dari kertas yaa !!!

contoh kincir angin dan kincir air.





Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih.
Perhatikan gambar berikut.


Tanya jawab dengan teman dan gurumu  pada saat kita melakukan Zoom, VC atau Meeting bersama pada nomor 1 sampai 20 untuk pengambilan nilai via virtual.

1. Mengapa anak tersebut minum?

2. Mengapa anak tersebut mandi?

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?

5. Apakah kita semua membutuhkan air bersih?

Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. 

Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya.

Amatilah gambar berikut.


Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas 
sehari-hari. 
Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain.Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. 

Exercise IPA

Pilihlah salah satu pembuatan kincir angin dari kertas atau kincir air dari plastik seperti contoh di atas!


PKN

Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.

Adakah yang sudah mengerti apa itu HAK dan KEWAJIBAN.

6. Apakah semua makhluk hidup berhak untuk mendapatkan air bersih?

7. Apa yang dimaksud dengan hak?

8. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.

Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.


9. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.

10. Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton?

11. Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur?

12. Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas?

13. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.
14. Apa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga?
15. Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri￾sendiri?
16. Hal baik apa yang dapat kita contoh dari gambar di atas!
17. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi 
hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan?
18. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang?
19. Hak adalah...
20. Kewajiban adalah...


Exercise  PKN

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik?

2. Sebutkan contoh yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik?


PESAN YANG PERLU DIINGAT!!!


Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. 
Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. 

Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang sekarang saatnya kamu menceritakan pengalamanmu menggunakan listrik di rumah. 

Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu secara seimbang?

MATERI AJAR 

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
MATERI : PECAHAN
PERTEMUAN : 5

Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan

Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.

Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:

Cara 1:

 
Cara 2:

Menyamakan penyebut dengan menggunakan kelipatan persekutuan terkecil dari penyebut
 

Dari kelipatan tersebut bilangan yang sama dan terkecil adalah 12

Selanjutnya langkah yang dapat dilakukan seperti gambar



Cara Menyederhanakan Pecahan

Metode 1: Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat positif yang sama secara berulang-ulang sampai tidak dapat dibagi lagi.
Contoh:


Metode 2: Bentuk sederhana dari bilangan pecahan apabila FPB dari pembilang dan penyebutnya adalah 

1. Jika FPB belum sama dengan 1, cara menyederhanakannya adalah dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan FPB tersebut.
Contoh:


Cara Membandingkan Pecahan
Metode 1: Untuk penyebut yang sama, hanya membandingkan pembilangnya.
Contoh:


Metode 2: Untuk penyebut yang berbeda, menyamakan penyebut terlebih dahulu lalu membandingkan pembilangnya. 

Cara menyamakan penyebut:

Cara I: Mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat yang sama hingga penyebutnya sama.

Cara II: Penyebutnya sama-sama dibuat menjadi KPK dari penyebutnya.
Contoh:


Metode BONUS: Kali silang antara pembilang dan penyebut.
Contoh:

Exercise MTK

1. Diketahui 26/39 = x/3
Nilai x yang tepat adalah...

2. 3/5....6/7

3. Bentuk pecahan biasa dari 2¼ adalah...

4. Bentuk pecahan campuran dari 8/5 adalah...

Kerjakan tugasmu di buku tugas daring, foto dan kolasekan kegiatan ibadah dan tugasmu lalu kirimkan pada ibu guru ya!

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang ini dalam bentuk kolase !

Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖💖



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 3 PB 3 ( Monday, 28th October 2019 )

Tema 5 Subtema 2 PB 1 ( Monday, 11th January 2021 )