Tema 4 Subtema 3 PB 4 ( Tuesday, 29th October 2019 )
Hari/tanggal : 29 Oktober 2019
Kelas : 4
Tema/subtema PB : 4.
(BERBAGAI PEKERJAAN)
Sub 3 (Pekerjaan Orang Tuaku/4)
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.4 Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca.
4.5.4 Menuliskan unsur instrinsik cerita yang dibaca dalam bentuk peta pikiran.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.8 Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1.8 Menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
sesuai sila ketiga pancasila
BAHASA INDONESIA
Tuhan menciptakan manusia dengan banyak perbedaan.
Berbeda suku, agama, jenis pekerjaan, usia, dan perbedaan lainnya.
Untuk menjadi bangsa yang maju dan kuat, kita harus menjaga kerukunan dan persatuan.
Bacalah cerita yang ada dalam Buku Siswa tentang persatuan yang dapat memudahkan dalam kehidupan!
Tentukan unsur-unsur intrinsik dalam cerita tersebut!
PPKN
Hubungan simbol dengan sila ketiga Pancasila
Pohon beringin adalah lambang sila ketiga, yaitu persatuan Indonesia. Sila ketiga dilambangkan dengan gambar pohon beringin karena pohon beringin merupakan pohon yang berakar tunjang, yaitu akar tunggal panjang yang menunjang pohon menjadi besar dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal itu menggambarkan kesatuan Indonesia. Sementara itu akar yang menggantung dari ranting-ranting pohon mencerminkan Indonesia sebagai negara yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda namun tetap satu.
Sikap –sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila adalah:
Bangga dan cinta tanah air dan bangsa.
Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
Mengembangkan sikap saling menghormati.
Membina hubungan baik dengan semua unsur bangsa
Memajukan pergaulan demi persatuan bangsa
Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Ikut serta dalam ketertiban dunia.
Toleransi terhadap pelaksanaan adat yang dilakukan masyarakat dari suku lain.
Kelas : 4
Tema/subtema PB : 4.
(BERBAGAI PEKERJAAN)
Sub 3 (Pekerjaan Orang Tuaku/4)
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.4 Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca.
4.5.4 Menuliskan unsur instrinsik cerita yang dibaca dalam bentuk peta pikiran.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.8 Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1.8 Menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
sesuai sila ketiga pancasila
BAHASA INDONESIA
Tuhan menciptakan manusia dengan banyak perbedaan.
Berbeda suku, agama, jenis pekerjaan, usia, dan perbedaan lainnya.
Untuk menjadi bangsa yang maju dan kuat, kita harus menjaga kerukunan dan persatuan.
Bacalah cerita yang ada dalam Buku Siswa tentang persatuan yang dapat memudahkan dalam kehidupan!
Tentukan unsur-unsur intrinsik dalam cerita tersebut!
PPKN
Hubungan simbol dengan sila ketiga Pancasila
Pohon beringin adalah lambang sila ketiga, yaitu persatuan Indonesia. Sila ketiga dilambangkan dengan gambar pohon beringin karena pohon beringin merupakan pohon yang berakar tunjang, yaitu akar tunggal panjang yang menunjang pohon menjadi besar dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal itu menggambarkan kesatuan Indonesia. Sementara itu akar yang menggantung dari ranting-ranting pohon mencerminkan Indonesia sebagai negara yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda namun tetap satu.
Sikap –sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila adalah:
Bangga dan cinta tanah air dan bangsa.
Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
Mengembangkan sikap saling menghormati.
Membina hubungan baik dengan semua unsur bangsa
Memajukan pergaulan demi persatuan bangsa
Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Ikut serta dalam ketertiban dunia.
Toleransi terhadap pelaksanaan adat yang dilakukan masyarakat dari suku lain.
numpang promote ya min ^^
BalasHapusingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^