Tema 2 Subtema 3 PB 2 ( Wednesday, 28th August 2019 )

Bahan Ajar Tema 2 Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 2 / dua

Mata Pelajaran : PKN
Indikator :
3.2.4 Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dari masalah yang diberikan.
4.2.5 Mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di
      lingkungan.

Hak merupakan segala sesuatu yang harus kita perleh sedangkan kewajiban segala sesuatu yang harus kita lakukan. Misalnya pemanfaatan sumber energi harus sesuai dengan hak dan kewajiban. Salah satu sumber energi adalah air. Setiap manusia memiliki hak mendapat air untuk mandi minum dan mencuci. Kita juga memiliki kewajiban menghemat penggunaan air. Gunakan air sesuai kebutuhan. Menghemat air adalah kewajiban kita semua.

SBdP
Indikator:
4.2.4 Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada.

Aku Anak Indonesia

Tasya

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku
Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia
Pending di khatulistiwa
Tanahku Indonesia
Ribu pulaunya
Ragam sukunya
Satu jiwa raganya
Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia
Aku anak…

Latihan soal
1. Tuliskan hak dan kewajinan kita terhadap fasilitas yang ada di tempat umum
2. Sebutkan tempo yang digunakan dalam lagu “ Aku Anak Indonesia”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Tema 3 Subtema 3 PB 3 ( Thursday, 16th September 2021 )

Tema 4 Subtema 2 PB 2 ( Thursday, 17th October 2019 )